PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Suwandika, Rizky (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbing layak dan menarik untuk digunakan peserta didik pada jenjang SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development ) model 4D (Define, Design, Development, dessiminate). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji coba yang dilakukan melalui 2 tahap yaitu tahap small group dan tahap field test. Hasil validasi ahli materi dari 3 validator menunjukkan bahwa secara keseluruhan produk memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,6 dan hasil ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,4 dan ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,8. Sementara uji coba tahap small group terdiri dari 9 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria menarik dan 9 siswa dari MTs Tri Bakti Al-Ikhlas dengan nilai rata-rata 3,2 dengan kriteria menarik. Sementara hasil uji coba tahap field test dengan jumlah 21 siswa SMP N 3 Terbanggi Besar memperoleh rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria sangat menarik dan MTs Tri Bakti Al-Ikhlas memperoleh nilai sebesar 3,3 dengan kriteria sangat menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar gamifikasi berbasis inkuiri terbimbingpada materi SPLDV pada kriteria layak dan menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2018 07:38
Last Modified: 16 Nov 2018 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4959

Actions (login required)

View Item View Item