ANALISIS POTENSI UMKM TAHU DAN TEMPE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Bapak Marzuki di Desa Pekalongan)

ROHANI, SITI (2018) ANALISIS POTENSI UMKM TAHU DAN TEMPE TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN KELUARGA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada UMKM Bapak Marzuki di Desa Pekalongan). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (17MB) | Preview

Abstract

Kegiatan UMKM mempunyai peran yang besar dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja, UMKM juga berperan dalam pendistribusian hasil-hasil pembangunan dan merupakan motor penggerak pertumbuhan aktivitas ekonomi nasional, keberadaan UMKM tidak dapat di hapuskan ataupun dihindarkan dari masyarakat bangsa saat ini. UMKM di bidang olahan pangan sangat banyak di Indonesia salah satunya olahan Tahu dan Tempe milik UMKM Bapak Marzuki. Rumusan masalah pada penelitian ini antara lain bagaimana potensi UMKM Tahu dan Tempe Bapak Marzuki di Desa Pekalongan untuk meningkatkan pendapatan dalam perspektif Ekonomi Islam dan bagaimana strategi yang digunakan UMKM Tahu dan Tempe Bapak Marzuki di Desa Pekalongan untuk bertahan dalam sektor bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui metode wawancara dengan pemilik UMKM Tahu dan Tempe yaitu Bapak Marzuki di Desa Pekalongan, selain itu pengumpulan data dengan melalui observasi dan dokumentasi. Untuk analisis menggunakan teknik deskriptif analisis yaitu teknik untuk menggambarkan atau menjelaskan data yang terkait dengan pembahasan. Dari hasil penelitian ini bahwa potensi UMKM Tahu dan Tempe Bapak Marzuki di Desa Pekalongan dalam meningkatkan pendapatan keluarga sangatlah potensial dilihat dari hasil usaha setiap bulannya, UMKM memiliki strategi. Strategi bertahan (survival) yang diterapkan oleh UMKM Tahu dan Tempe Bapak Marzuki di Desa Pekalongan pertama, strategi bertahan yang dilakukan dengan cara menjaga kepercayaan pelanggan, menjaga jaringan sosial, menjaga norma dan melakukan efisiensi biaya, waktu, managemen keuangan, dan menyisihkan hasil usaha, mengenali minat pembeli dan menumbuhkan etos kerja yang baik. Kedua faktor pendukung peningkatan jumlah pelanggan, bahan baku mudah diperoleh. Sedangkan faktor penghambat yaitu kenaikan harga bahan baku dan keterbatasan modal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:53
Last Modified: 16 Nov 2018 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4951

Actions (login required)

View Item View Item