STRATEGI PROGRAM KEMITRAAN PTPN VII UNIT USAHA KEDATON DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UKM MASYARAKAT DI DESA REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN

Irawan, Suheri (2017) STRATEGI PROGRAM KEMITRAAN PTPN VII UNIT USAHA KEDATON DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI UKM MASYARAKAT DI DESA REJOSARI NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (913kB) | Preview

Abstract

Program kemitraan merupakan bagian dari corporate sosial responsibility (tanggung jawab perusahaan) yang merupakan bagian dari program kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilakukan oleh PTPN VII. Program Kemitraan ini digunakan oleh perusahaan sebagai suatu alat atau cara untuk meningkatkan kesejahteraan disekitar usaha perusahaan melalui kemitraan usaha kecil menengah yang dilakukan oleh perusahaan untuk masyarakat. Program ini diberikan tentunya untuk membantu masyarakat sekitar agar dapat terbantu dari sektor perekonomian masyarakat serta dapat mengentaskan masalah pencurian buah sawit yang sering terjadi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi atau langkah yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberdayakan UKM masyarakat sekitar dengan program kemitraan, serta dampak yang di timbulkan dari program kemitraan terhadap kondisi sosial ekonomi usaha kecil menengah masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan utama mendeskripsikan atau melukiskan secara terperinci dan mendalam mengenai strategi program kemitraan yang dilakukan oleh PTPN VII dalam upaya meningkatkatkan pemberdayaan ekonomi UKM, serta dampak positif program kemitraan bagi masyarakat di Desa Rejosari Natar Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, interview bebas terpimpin, dan observasi. Setelah keseluruhan data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan cara berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, PTPN VII sangat memiliki peran yang begitu besar dalam membantu permodalan usaha kecil masyarakat sekitar, mendorong pertumbuhan kerakyatan di tengah-tengah masyarakat, sebagai pelaksana dari program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) dan membina mitra binaan melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada mitra binaan yang bekerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Dari program yang sudah diberikan oleh perusahaan tersebut, telah memberikan dampak sosial ekonomi terhadap usaha kecil yang berada di sekitar masyarakat berupa peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha kecil menengah dan peningkatan pendapatan pada usahaerta membaiknya taraf kehidupan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:38
Last Modified: 31 Mar 2017 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item