PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAK LOYALITAS NASABAH (Studi pada Bank BRISyariah Kantor Cabang Kedaton Bandar Lampung)

Saputri, Nopri Dwi (2018) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAK LOYALITAS NASABAH (Studi pada Bank BRISyariah Kantor Cabang Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Saat ini perbankan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dari sistem keuangan untuk kelancaran perekonomian suatu negara, Sehingga perbankan harus selalu mengikuti perubahan situasi untuk mendapatkan peluang pasar. Strategi yang dapat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi perusahaan adalah dengan menerapkan relationship marketing. Pihak Bank BRIsyariah Kantor cabang Kedaton Bandar Lampung telah menerapkan relationship marketing dengan baik. Namun terjadi peningkatan jumlah penutupan rekening nasabah selama tiga tahun terakhir yaitu tahun 2015 sebanyak 106orang, tahun 2016 125orang, dan 2017 sebanyak 140orang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimanakah relationship marketing terhadap kepuasan nasabah, 2.Bagaimanakah kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah di bank BRIsyariah Kantor Cabang Kedaton bandar lampung Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan nasabah, 2. Untuk mengetahui apakah kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di bank BRIsyariah Kantor Cabang Kedaton bandar lampung. Metode penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu relationship marketing, variabel dependenya loyalitas nasabah dan variabel intervening yaitu kepuasan nasabah. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner, dan observasi. Populasi sebanyak 24000 nasabah sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel 100 orang nasabah dan analisis data penelitian menggunakan Metode analisis data penelitian ini menggunakan path analysis atau analisis jalur dengan menggunakan program aplikasi IBM SPSS statistics 2.2. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial relationship marketing (x) berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah (z) yang dimana thitung 5,786 dan ttabel sebesar 1.98 dengan signifikansi 0,000<0,05, sehingga diproleh thitung > ttabel (5,876 > 1,98) dan variabel kepuasan nasabah berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah yang dimana thitung sebesar 5,640 dan ttabel sebesar 1,98 sehingga diproleh thitung > ttabel (5,640 > 1,98). Dengan demikian relationship marketing (x) mampu mempengaruhi loyalitas nasabah (y) baik secara langsung maupun tidak langsung. Dimana pengaruh langsung variabel intervening sebesar 49,9% sementara pengaruh tidak langsung yaitu melalui kepuasan nasabah sebagai variabel intervening sebesar 20,75% yang diproleh dari hasil path analysis atau analisis jalur. Hasil perhitngan koefisien determinasi total adalah sebesar 71,8% sedangkan sisanya 28,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:12
Last Modified: 16 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item