PERAN KEPALA MADARASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MTS MIFTAHUL KHORIYAH SINAR BANTEN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS

SARAH, SITI (2018) PERAN KEPALA MADARASAH SEBAGAI SUPERVISOR DI MTS MIFTAHUL KHORIYAH SINAR BANTEN KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Supervisi merupakan suatu usaha dalam memberikan bantuan dan bimbingan kepada guru untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui proses belajar mengajar yang efektif sehingga prestasi siswa meningkat dan tujuan pendidikan pun tercapai. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Miftahul khoiriyah Sinarbaten Kec. Ulubelu Kab. Tanggamus. Peran kepala madrasah sebagai supervisor memiliki 10 indikator yang berupa: a). membantu guru melihat dengan jelas proses belajar mengajar sebagai suatu sisitem dengan melakukan supervisi kedalam kelas, b). membantu guru melihat dengan jelas tujuan pendidikan dengan mengikuti sertakan guru mengikuti seminar dan pelatihan, c). membantu guru menyiapkan metode mengajar yang lebih baik dengan mengoreksi metode apa yang menjadi metode mengajar, d). membantu menyiapkan kegiatan belajar mengajar, e). membantu guru menggunakan sumber penalaman belajar dengan dengan melakukan praktek-praktek dilingkungan madrasah, f). membantu guru menciptakan alat praga pembelajaran dan aplikasinya dengan memberikan kebebasan kepada guru untuk menghasilkan alat peraga pembelajaran, g). membantu guru menyusun program belajar mengajar dengan memberikan masukan jika masih ada program yang kurang sesuia dengan tujuan yang akan dicapai, h). membantu menyusun tes prestasi belajar, kepala madrasah hanya mengawasi dari jauh tidak terlibat lanngsung dalam menyusun tes prestasi siswa, i). membantu guru belajar memngenal siswa dengan memberikan support dan dukungan kepada guru, j). membantu guru meningkatkan moral dan kenyamanan bekerja dengan menciptakan kedisiplinan. Medode penelitian yang digunakan yaitu metode deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data melalui kegiatan observasi lapangan, wawancara. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan untuk menganalisa data yang diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor di MTs Miftahul Khoiriyah Sinarbanten Kec. Ulubelu Tanggamus masih kurang baik. Kepala madrasah telah melakukan perannya secara baik dalam membantu guru dalam proses belajar mengajar, hal ini terbukti dari wawancara kepala madrasah yang menyebutkan bahwa kepala madrasah melakukan supervisi satu atau dua kali dalam satu tahun dikarenakan jadwal kepala madrasah yang jarang berada di sekolah dikarenakan adanya rapat di luar madrasah atau ada tamu yang datang kemadrasah. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 07:02
Last Modified: 14 Nov 2018 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item