FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL (BBA) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Pada BMT Sabilil Muttaqien Tanggamus).

INDRIANI, MEI VIA (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEDAGANG DALAM MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BA’I BITSAMAN AJIL (BBA) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (Studi Pada BMT Sabilil Muttaqien Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan bisa dikatakan sebagai darahnya perekonomian suatu negara. Oleh karena itu, kemajuan lembaga keuangan suatu negara dapat pula dijadikan ukuran kemajuan negara yang bersangkutan. Untuk mengatasi hambatan operasionalisasi daerah dan menjangkau usaha masyarakat kecil menengah, memunculkan usaha untuk mendirikan bank dan lembaga keuangan mikro syariah, seperti Baitul Mal wat Tamwil (BMT.Dalam hal ini produk-produk di BMT sabilil Muttaqien yang paling dikenal dan diminati adalah Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA) karena karakternya yang profitable, dalam penerapannya mudah dan sesuai dengan kemampuan nasabah. Dalam menggonsumsi sebuah produk atau jasa seseorang konsumen atau dalam dunia perbankan disebut anggota akan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Di jelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam memilih jasa perbankan syariah adalah budaya, pribadi, psikologi. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apa saja faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang menggunakan produk pembiayaan Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA) pada BMT dan Faktor apakah yang paling berpengaruh terhadap keputusan pedagang menggunakan pembiayaan Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA) pada BMT pada Perspektif ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang menggunakan produk pembiayaan Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA) di BMT Sabilil Muttaqien. Dan Untuk mengetahui faktor apa yang paling berpengaruh terhadap keputusan pedagang menggunakan pembiayaan Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA)pada perspektif ekonomi islam pada lembaga keuangan mikro syariah di BMT Sabilil Muttaqien. Jumlah responden yang ditentukan sebanyak 85 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode aksidental sampling. Teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi linier berganda, melalui program SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikan 5%. Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pedagang dalam menggunakan pembiayaan Bai‟ Bitsaman Ajil (BBA) pada lembaga keuangan mikro syariah yaitu sebesar 24,5%. Dan Dari hasil penelitian membuktikan bahwa diantara tiga faktor yang terdiri dari faktor budaya, faktor pribadi, dan faktor psikologi yang mempunyai pengaruh paling dominan adalah faktor budaya yaitu sebesar 31,9% Kata kunci: faktor budaya, faktor pribadi, faktor psikologi, pembiayaan, lembaga keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:27
Last Modified: 14 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4926

Actions (login required)

View Item View Item