PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung)

ASTUTY, TRI DIAN (2018) PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT PENGGUNAAN E-MONEY DALAM PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM (Study Pada Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DIAN.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Uang Elektronik (Electronic Money) adalah alat pembayaran yang diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kepada penerbit” Nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media server atau chip yang digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang elektronik tersebut. Nilai uang elektronik yang disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengaruh persepsi terhadap minat penggunaan T-Cash pada dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, bagaimana pengaruh pengetahuan produk terhadap minat pengguanaan T-cash pada dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Intan Lampung, dan bagaimana perspektif ekonomi islam terhadap penggunaan e-money dalam bertransaksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh dari persepsi dan pengetahuan produk pada konsumen terhadap minat pengguanaan T-cash serta untuk mengetahui penggunaan e-money dalam bertransaksi jika ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sifat penelitian filsafat profitisme yaitu metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel ialah menggunakan Sampel Jenuh. Dari hasil penelitian diketahui bahwa variabel persepsi konsumen tidak berpengaruh positive terhadap minat pengguanaan t-cash. Hal ini ditunjukan dengan perolehan nilai signifikansi untuk pengaruh X1 terrhadap Y sebesar 0,276 > 0,05. Sedangkan utnuk hasil signifikansi variabel pengetahuan produk (X2) terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga variabel tersebut berpngaruh secara positif terhadap minat penggunaan t-cash. dan diperoleh hasil R Square sebesar 0,367. Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel persepsi (X1) dan pengetahuan produk (X2) terhadap minat penggunaan (Y) sebesar 3,67%. Sedangkan sisanya sebesar 63,3 % dipengaruhi oleh indicator lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini, sedangkan dalam perspektif ekonomi islam dalam penggunaan e-money dalam bertransaksi sesuai dengan prinsip syariah yaitu tidak mengandung maysir, tidak mengandung riba, tidak mengandung israf dan tidak digunakan untuk objek haram dan maksiat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2018 07:58
Last Modified: 13 Nov 2018 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item