EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS N1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA

YANATA, EKA PUTRI DARMA YANTI (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS N1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI EKA PUTRI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS N1 KOTABUMI LAMPUNG UTARA Disusun Oleh : Eka Putri Darma Yanti Yanata NPM : 1411010057 Salah satu masalah yang ada dalam pembelajaran adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Proses pembelajaran didalam kelas di arahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa di tuntut untuk memahami informasi yang diingatnya itu untuk menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya ketika anak didik telah lulus dari sekolah, mereka pintar secara teoritis, tetapi mereka lemah aplikasi. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Pemahaman Konsep Fiqih Peserta Didik Kelas VII MTs N1 Kotabumi Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode Quasi Experiment. Design penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep peserta didik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs N 1 Kotabumi Lampung Utara. Populasi berjumlah 256 siswa, dengan sampel 32 siswa kelas VII A dan 32 siswa kelas VII H. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal multiple choice. Uji independent sample t-test digunakan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model CUPs dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarakan analisis data memperoleh kesimpulan bahwa, model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik. Efektivitas model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) sebesar d = 2,27 yaitu 2,27 > 0,8 yang termasuk dalam kategori tinggi, yang artinya model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran CUPs, Pemahaman Konsep, Effect Size.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:15
Last Modified: 16 Nov 2018 02:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item