“ANALISIS PENGELOLAAN DANA TA’ZIR BAGI NASABAH WANPRESTASI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN NASABAH (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk Betung Bandar Lampung)”

Nani, Lenza (2018) “ANALISIS PENGELOLAAN DANA TA’ZIR BAGI NASABAH WANPRESTASI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN NASABAH (Studi Pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk Betung Bandar Lampung)”. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya gagal bayar atau wanprestasi yang merupakan resiko yang dialami oleh bank syariah dalam melakukan pembiayaan yang dimana risiko tersebut harus diminimalisir demi mendapatkan keuntungan yang maksimal. Akibat dari wanprestasi itu biasanya dapat dikenakan ta’zir, pembatalan kontrak, peralihan resiko, maupun membayar perkaranya. Ta’zir diberlakukan oleh bank syariah dalam upaya mencegah nasabah yang lalai akan kewajibannya. Karena dapat mengganggu kinerja bank dan berpengaruh langsung pada liquiditas dan cash flow bank syariah mandiri. Dalam penerapan ta’zir ada beberapa masalah yang dihadapi oleh bank, yaitu bagaimana bank syariah mengetahui bahwa nasabah tersebut benar-benar lalai dalam melaksanakan kewajiban padahal dia mampu dan nasabah yang cidera janji dan usahanyapun sedang merosot sehingga menurut fatwa DSN tidak berhak dikenakan ta’zir. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan ta’zir bagi nasabah wanprestasi dalam meningkatkan kedisiplinan di Bank Syariah Mandiri dan bagaimana pengelolaan dana ta’zir pada Bank Syariah Mandiri Teluk Betung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiaman penerapan ta’zir bagi Nsabah Wanprestasi dalam meningkatkan kedisiplinan. di bank syariah mandiri dan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana ta’zir pada bank syariah mandiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa dalam pembahasan ini adalah analisa data deskriptif-kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan ta’zir Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Teluk Betung menerapkan ta’zir kepada nasabah mampu yang menunda-nunda pembayaran dengan sengaja dan nasabah yang tidak mempunyai itikad baik apabila mengalami keterlambatan membayar. Untuk kriteria nasabah yang mampu yaitu terpenuhinya angsuran pokok dan bagi hasil, sedangkan untuk kriteria tidak mampu adalah keuntungan berkurang dan ansuran mengalami keterlambatan. Adapun tindakan yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri dalam mengatasi nasabah yang menunda-nunda pembayaran atau wanprestasi yaitu dengan cara memberika Surat Peringatan I kepada nasabah dan jika nasabah tidak mau membayar maka pihak bank akan memberika Surat Peringatan II. Apabila nasabah tetap tidak mau membayar maka pihak bank akan memberikan Surat Peringatan III. Besarnya ta’zir yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri yaitu 5% perbulan. Dana ta’zir tersebut bukan merupakan pendapatan bank melainkan dana ta’zir tersebut disalurkan kedalam bentuk dana sosial. Penyaluran dana tersebut harus habis dalam jangka satu tahun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:38
Last Modified: 13 Nov 2018 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item