PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK GUNA MENUNJANG PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI TINGKAT SMA/MA

HALISAH, NUR (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK GUNA MENUNJANG PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI TINGKAT SMA/MA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitidn di SMA Negeri 2 Bandar Lampung diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan ialah power point. Pengembangannya mencakup tiga hal pokok, yaitu desain, materi dan bahasa. Kekurangan media pembelajaran yang selama ini digunakan dari segi desain yaitu, format kurang menarik dan terkesan sederhana, isi berupa teks dan diagram, warna biru saja dan tidak menggunakan teknik pembuatan. Selanjutnya segi materi dalam penyampaiannya tidak jelas, tidak sistematis, tidak terperinci. Kemudian dari segi bahasa yang tidak jelas, tidak lugas. Penguasaan konsep peserta didik pada materi siklus biogeokimia sebesar 6,85% berdasarkan uji coba soal. Berdasarkan hal tersebut, penulisan merumuskan masalah,“Bagaimana pengembangan media pembelajaran Pop-up book guna menujang penguasaan konsep siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di tingkat SMA/MA? Bagaimana kelayakan media ajar Pop-up book guna menujang penguasaan konsep siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di tingkat SMA/MA, bersumber pada penilaian dari pakar materi, pakar media, pakar bahasa? Bagaimana responden peserta didik terhadap media ajar pop up book?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book, kelayakan, kemanfaatan, kemenarikan dalam ranah kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg dan Gall sampai dengan langkah 7. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, pengembangan media pembelajaran pop up book terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, materi, bahasa. Dari segi desain yaitu: cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan, diskusi, tugas proyek, web link, soal penguasaan konsep dan biodata pengembangan. Selanjutnya untuk format isi terdapat keterangan isi beralur. Kemudian warna untuk setiap layernya berbeda, teknik desain menggunakan teknik peepshow, transformation, pull-tabs. Selain itu, dari segi materi: jelas, sistematis, dan terperinci. Selanjutnya segi bahasa yang jelas,dan lugas. Kelayakan media pembelajaran pop up book dari hasil penelitian yaitu “sangat layak”, digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik kelas X. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase validasi pakar media sebesar 93,12%; validasi pakar materi sebesar 84,86%; validasi pakar bahasa sebesar 94,19%. Selanjtnya responden peserta didik sebesar 82,73%; menunjukkan kriteria “sangat menarik”. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, materi, bahasa. Kelayakan media pop up book dari hasil validasi tim ahli media, materi, bahasa sangat layak dan respon peserta didik sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA. Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Media Pembelajaran Pop Up Book , Penguasaan konsep Biologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 13 Nov 2018 01:42
Last Modified: 13 Nov 2018 01:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4894

Actions (login required)

View Item View Item