HALISAH, NUR
(2018)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK GUNA
MENUNJANG PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK
KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
DI TINGKAT SMA/MA.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Berdasarkan hasil pra penelitidn di SMA Negeri 2 Bandar Lampung diketahui bahwa
media pembelajaran yang digunakan ialah power point. Pengembangannya mencakup tiga hal
pokok, yaitu desain, materi dan bahasa. Kekurangan media pembelajaran yang selama ini
digunakan dari segi desain yaitu, format kurang menarik dan terkesan sederhana, isi berupa
teks dan diagram, warna biru saja dan tidak menggunakan teknik pembuatan. Selanjutnya
segi materi dalam penyampaiannya tidak jelas, tidak sistematis, tidak terperinci. Kemudian
dari segi bahasa yang tidak jelas, tidak lugas. Penguasaan konsep peserta didik pada materi
siklus biogeokimia sebesar 6,85% berdasarkan uji coba soal. Berdasarkan hal tersebut,
penulisan merumuskan masalah,“Bagaimana pengembangan media pembelajaran Pop-up
book guna menujang penguasaan konsep siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di tingkat
SMA/MA? Bagaimana kelayakan media ajar Pop-up book guna menujang penguasaan
konsep siswa kelas X pada mata pelajaran biologi di tingkat SMA/MA, bersumber pada
penilaian dari pakar materi, pakar media, pakar bahasa? Bagaimana responden peserta didik
terhadap media ajar pop up book?”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book,
kelayakan, kemanfaatan, kemenarikan dalam ranah kognitif peserta didik. Jenis penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan
menggunakan prosedur Borg dan Gall sampai dengan langkah 7. Data yang diperoleh akan
dianalisis dengan deskriptif persentase dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, pengembangan media
pembelajaran pop up book terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, materi,
bahasa. Dari segi desain yaitu: cover, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan,
diskusi, tugas proyek, web link, soal penguasaan konsep dan biodata pengembangan.
Selanjutnya untuk format isi terdapat keterangan isi beralur. Kemudian warna untuk setiap
layernya berbeda, teknik desain menggunakan teknik peepshow, transformation, pull-tabs.
Selain itu, dari segi materi: jelas, sistematis, dan terperinci. Selanjutnya segi bahasa yang
jelas,dan lugas. Kelayakan media pembelajaran pop up book dari hasil penelitian yaitu
“sangat layak”, digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik kelas X. Hal ini dapat
dilihat dari hasil persentase validasi pakar media sebesar 93,12%; validasi pakar materi
sebesar 84,86%; validasi pakar bahasa sebesar 94,19%. Selanjtnya responden peserta didik
sebesar 82,73%; menunjukkan kriteria “sangat menarik”.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop
up book terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, materi, bahasa. Kelayakan
media pop up book dari hasil validasi tim ahli media, materi, bahasa sangat layak dan respon
peserta didik sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran SMA. Negeri 2 Bandar
Lampung.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Pop Up Book , Penguasaan konsep Biologi
Actions (login required)
 |
View Item |