PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA DI SMA AL-AZHAR 03 BANDAR LAMPUNG

SHOLIHA, BINTI MAR’ATUS (2018) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SYMBOLIC MODELLING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPA DI SMA AL-AZHAR 03 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Belajar merupakan bentuk usaha yang dilakukan oleh individu untuk melakukan suatu perubahan yang menjadikan diri seseorang menjadi berbeda dari sebelumnya. Motivasi dalam belajar sangatlah diperlukan untuk mencapai suatu pembelajaran yang penuh dengan dorongan. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi maka memiliki ciri-ciri tekun menghadapai tugas, ulet mengahadapi kesulitan, cepat bosan dengan tugas-tugas yang rutin, dapat mempertahankan pendapat-pendapatnya, tidak mudah melepaskan hal yang diyakini itu, senang mencari dan memecahkan soal-soal. Untuk meningkatkan motivasi belajar, seorang guru tidak bisa hanya memberikan ceramah dan arahan, dibutuhkan teladan yang memungkinkan siswa belajar mengenai hal-hal yang tidak bisa dipelajari hanya melalui proses ceramah. Salah satu teknik yang bisa diterapkan dalam kegiatan tersebut adalah symbolic modelling. Symbolic modelling merupakan inovasi baru dalam meningkatkan motivasi belajar melalui simbol yang berupa video ataupun biografi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk Pre-Eksperimental Designs dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yang digunakan yaitu One Group Pretest Posttest Design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh teknik symbolic modelling dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai z hitung lebih besar dari z tabel yaitu sebesar 4,706 > 1,96 dan juga nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Selain itu didapat juga nilai ratarata posttest yang meningkat dari nilai pretest (99,1 > 76,73). Dan juga dapat dilihat dari tingkat persentase pada kategori tinggi yaitu setelah diberi perlakuan dan sebelum diberi perlakuan (30% > 6,7%) . Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa bimbingan klasikal dengan teknik symbolic modelling dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X IPA di SMA AL-AZHAR 03 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:38
Last Modified: 12 Nov 2018 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item View Item