PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

YATI, SRI MAY (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP TAMANSISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah interaksi tatap muka antara dua orang atau beberapa orang dimana pengirim dapat menyampaikan pesan secara langsung dan penerima pesan dapat menerima dan menanggapi secara langsung pula. Apabila peserta didik tidak bisa melakukan komunikasi interpersonal yang baik maka dampak yang akan muncul adalah rendahnya keterbukaan, keengganan melakukan interaksi dengan teman dan gurunya, muncul sifat minder, terjadi konflik, kurangnya empati, kurang aktif dalam kelompok, kurangnya sikap mendukung dan sikap positif. Diskusi adalah cara penyajian pembelajaran, dimana peserta didik dihadapkan kepada suatu masalah, yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai Z hitung eksperimen > Z kontrol (2,524 > 2,521), hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu didapat nilai rata-rata posttest kelas pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (91,63> 59). Selain itu juga dilihat dari tingkat presentase pada kategori tinggi yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol ( 87,5 % > 0 %). Jika dilihat dari hasil yang telah didapat maka peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap keterampilan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII di SMP Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:35
Last Modified: 12 Nov 2018 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item