PENGARUH PERMAINAN DAKON GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK SRIWIJAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

KHUSNA, ROISAH AL (2018) PENGARUH PERMAINAN DAKON GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK DI TK SRIWIJAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Kognitif adalah salah satu kemampuan yang sangat penting dikembangkan sejak usia dini namun kemampuan kognitif anak tidak akan berkembang jika tidak di stimulasi dan dikembangkan jika tidak di stimulasi dengan tepat. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi salah satu hal yang penting di perhatikan oleh guru dakon geometri sebagai salah satu media pembelajaran yang sangat tepat yang di gunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak hal ini di karenakan dalam permainan dakon geometri anak akan di perkenalkan dengan bentuk-bentuk geometri seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang, segi empat yang ada di dalam permainan dakon tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perkembangan kognitif anak melalui media Dakon Geometri pada perserta didik di Tk Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen karena akan mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen adalah Nonequivalent control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang digunakan, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Tk Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 40 anak, dengan sampelnya adalah kelas B1 dan B2 yang ditentukan dengan Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data dengan melakukan Metode (tes), tanya jawab (wawancara), dan pengambilan bukti fisik misal dengan memfoto (dokumentasi). Penelitian ini menggunakan uji persyaratan instrumen validitas, reabilitas, teknik analisis data menggunakan uji normlitas, uji homogenitas dan uji hipotesis, uji t (Hurup nyata) dengan menggunakan spss versi 21 Hasil analisi data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dilihat dari nilai sig (2-vailed) = 0.000 sedangkan 0.05 (0.000>0.05) maka Ho di tolak, dan Ha diterima dengan perbandingan rata-rata kelas kontrol 25.00 yang berarti dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan permainan dakon geometri terhadap perkembangan kognitif anak usia dini di TK Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2018 02:32
Last Modified: 12 Nov 2018 02:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4875

Actions (login required)

View Item View Item