PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP

Rembulan, Aini (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI PADA MATERI STATISTIKA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of AINI REMBULAN.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan bahan ajar gamifikasi pada materi statistika untuk mengetahui kualitasnya dilakukan validasi menurut ahli materi, media, dan bahasa. Penelitian ini juga melibatkan peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sidomulyo dan MTs Al-Khoiriyah Lampung Selatan untuk mengetahui kemenarikan bahan ajar gamifikasi yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan rancangan Borg and Gall yang telah dikutip oleh Sutopo menjadi 7 tahap. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas bahan ajar yaitu lembar angket yang mencakup kualitas isi, penyajian, dan kebahasaan. Kualitas bahan ajar dinilai oleh ahli materi, media, dan bahasa, serta 15 peserta didik kelas VIII MTs Al-Khoiriyah Lampung Selatan dan 30 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sidomulyo. Data kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata bahan ajar diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas bahan ajar dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan katagori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar yang memenuhi kriteria kualitas kelayakan dan kemenarikan. Kualitas kelayakan bahan ajar yang dihasilkan secara keseluruhan adalah sangat layak digunakan dengan rata-rata kelayakan menurut ahli materi sebesar 3,6 dan rata-rata kelayakan menurut ahli media sebesar 3,7 serta rata-rata kelayakan menurut ahli bahasa sebesar 3,6. Respon peserta didik terhadap kemenarikan bahan ajar juga memenuhi kriteria sangat menarik dan sangat mudah digunakan, rata-rata kemenarikan dari 15 peserta didik kelas VIII MTs Al-Khoiriyah Lampung Selatan adalah 3,39 dan rata-rata kemenarikan dari 30 peserta didik kelas VIII SMPN 1 Sidomulyo adalah 3,53. Berdasarkan penilaian tersebut, maka bahan ajar gamifikasi yang telah dikembangkan layak digunakan dan menarik sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika SMP / MTs. Kata Kunci : Bahan Ajar, Gamifikasi, Statistika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2018 01:19
Last Modified: 12 Nov 2018 01:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4874

Actions (login required)

View Item View Item