PENGARUH PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY TERHADAP PENGEMBANGAN PROFESI GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI LAMPUNG

DIMYATI, AZIMA (2018) PENGARUH PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY TERHADAP PENGEMBANGAN PROFESI GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI PROVINSI LAMPUNG. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DISERTASI AZIMA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Professional Learning Community Terhadap Pengembangan Profesi Guru pada Madrasah Aliyah Negeri di Propinsi Lampung. Azima Dimyati, NPM 1503020031 ini dilatarbelakangi oleh kondisi ketidak mampuan guru untuk menerima perubahan-perubahan dalam memberikan materi pembelajaran kepada siswa, belum dapat menerima kritikan dan saran dari pimpinan dan sesama guru yang mengakibatkan kurangnya inovasi dalam memberikan pelajaran kepada peserta didik dan tidak tercapainya standar profesional guru. Professional Learning Community bisa dijadikan solusi dari sekelompok orang yang termotivasi oleh visi belajar dan mendukung satu sama lain sampai tujuannya dapat dicapai. Di mana siswa dan guru saling belajar dan berkembang, para orang tua serta masyarakatpun mendukung serta terlibat dalam reformasi madrasah dengan saling belajar dan berkembang. Dan komunitas pembelajar profesional di madasah juga dapat dimaknai sebagai kumpulan profesional seperti guru, staf, dan kepala madrasah yang berkomitmen untuk berkolaborasi dalam suatu proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Pengikat komunitas ini adalah nilai, pandangan, keyakinan, harapan, dan tujuan Penelitian bersama, seperti visi dan tujuan madrasah yang disepakati bersama. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui pengaruh PLC ditinjau dari aspek kepemimpinan bersama, nilai-nilai dan visi bersama, kreatifitas bersama, kondisi yang mendukung serta berbagi pengalaman berpengaruh terhadap pengembangan profesi guru pada MAN di Propinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penelitian survey. Tehnik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang dilanjutkan dengan deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 275 responden dengan sampel sebanyak 74 responden. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: PLC ditinjau dari aspek kepemimpinan bersama, nilai-nilai dan visi bersama, kreatifitas bersama, kondisi yang mendukung serta berbagi pengalaman berpengaruh positif terhadap pengembangan profesi guru pada MAN di Propinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Aspek kepemimpinan bersama, nilai-nilai dan visi bersama, kreatifitas bersama, kondisi yang mendukung serta berbagi pengalaman secara bersama-sama berpengaruh terhadap pengembangan profesi guru sebesar 81,8%, sedangkan sisanya sebesar 18,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini mengindikasikan bahwa secara keseluruhan PLC sangat berpengaruh terhadap pengembangan profesi guru. Temuan penelitian ini menyatakan bahwa PLC memberikan dampak yang positif bagi kepemimpinan bersama, nilai-nilai dan visi bersama, kreatifitas bersama, kondisi yang mendukung serta berbagi pengalaman terhadap pengembangan profesi guru.

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2018 08:53
Last Modified: 09 Nov 2018 08:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4873

Actions (login required)

View Item View Item