PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

Sari, Muri Nopita (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BATANG NAPIER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar matematika adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik saat proses pembelajaran matematika berlangsung. Sehingga membuat peserta didik kurang tertarik dan kurang merespon terhadap penyampaian materi pembelajaran. Serta menyebabkan kurangnya pemahaman matematika peserta didik, yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika, untuk mengatasi hal itu peneliti menggunakan media Batang Napier. Media pembelajaran Batang Napier merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, yang mana kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan menarik, mudah, dan cepat sehingga dapat dimaksimalkan untuk mencapai hasil belajar. Peneliti menggunakan metode quasi eksperiment (eksperimen semu), penelitian ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk megontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Batang Napier terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik MI Darul Huda Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Random Sampling, dalam penelitian ini dipilih dengan cara mengundi dan kelas III A terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol, dengan melibatkan 50 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest-postest yang berupa soal pilihan essay berjumlah 10 soal. Setelah data dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan menggunakan uji-t dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% atau 0.05, diperoleh thitung= 2,554 dan ttabel= 2,010, sehingga thitung>ttabel. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Media Batang Napier terhadap hasil belajar matematika kelas III MI Darul Huda Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2018 03:27
Last Modified: 09 Nov 2018 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4866

Actions (login required)

View Item View Item