ANALISIS PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA REJO MULYO JATI AGUNG

AGUSTINA, FAHRIMA WIDYA (2018) ANALISIS PENERAPAN METODE CERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK DHARMA WANITA REJO MULYO JATI AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bahasa menurut Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono, beberapa hal yang menjadi karakteristik pencapaian perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun sebagai berikut: Berbicara menggunakan kalimat sederhana (4-5 kata), Senang mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana, Menyebut nama, jenis kelamin dan umur, Mengerti bentuk pertanyaan dan menggunakan kata tanya, Dapat berperan serta dalam percakapan dan tidak mendominasi untuk selalu didengar, Menyebut panggilan orang tua. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah yaitu “Bagaimanakah Penerapan Metode Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Rejo Mulyo, Jati Agung?”.Tujuan penelitian ini adalah Dengan mengetahui Diterapkannya Metode Bercerita Guru Dapat Menigkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Dharma Wanita Rejo Mulyo Jati Agung.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa. Alat pengumpul data yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara serta Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa guru belum seluruhnya menerapkan langkah-langkah bercerita secara keseluruhan yaitu: yang diawali dengan pemilihan tema, hal ini agar guru mudah dalam menerapkan metode cerita yang akan dilaksanakan. Pembuatan teks, hal ini dapat pula memudahkan guru dalam menerapkan metode dan dapat pula dalam pembelajaran metode cerita dengan menggunakan imajinasi guru bercerita dengan kenyataan yang ada dalam arti guru dapat bercerita dengan mengarang dan pembuatan alat peraga, hal ini dilakukan bahwasannya agar guru mempersiapkan bahan untuk metode cerita agar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak dan anak tidak merasa bosan atau jenuh dalam penerapan metode cerita dikelas maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2018 02:12
Last Modified: 09 Nov 2018 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item