PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs FUTUHIYAH 2 GUNUNG BATU BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA

Efriani, Merlia (2017) PERAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs FUTUHIYAH 2 GUNUNG BATU BUKIT KEMUNING LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_merlia_2.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas professional kinerja guru, oleh karena itu usaha untuk meningkatkan kemampuan professional guru dalam melaksanakan proses belajar dan mengajar dapat melalui bantuan supervisi. Profesionalisme guru di MTs Futuhiyah 2 Gunung Batu masih di katakan belum mencapai hasil yang optimal, maka melalui kegiatan supervisi kepala madrasah memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan profesional guru. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: Bagaimana peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Futuhiyah 2 Gunung Batu Bukit Kemuning. Tujuan penelitian adalah: Untuk Mengetahui Peran Supervisi Kepala madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Futuhiyah 2 Gunung Batu Bukit Kemuning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenaik fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara penomena yang diselidiki. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Futuhiyah 2 telah diusahakan mencapai hasil yang optimal. Aspek-aspek peran supervis yang dilakukan kepala madrasah yaitu dengan melakukan (1) koordinator, (2) konsultan, (3) pemimpin kelompok, dan (4) evaluator. Pada pencapaian seluruh aspek supervisi tersebut dikategorikan baik. Profesionalisme guru di MTs Futuhiyah 2 di kategorikan baik. Pencapaian aspek pedagogik dikategorikan baik, aspek kepribadian dikategorikna baik sekali, aspek sosial dikategorikan baik sekali, dan aspek profesional diketegorikan baik. Pelaksanaan supervisi hendaknya lebih ditingkatkan, dilakukan secara rutin dan kontinyu dan diusahakan agar setiap guru mendapat supervisi dan Sosialisasi mengenai pentingnya supervisi bagi masing-masing pengajar untuk menumbuhkan kesadaran pada setiap guru akan arti penting supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:19
Last Modified: 30 Mar 2017 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item