EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG

MUTI, RISKA KHOLWUN (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Disiplin belajar merupakan ketaatan/kepatuhan yang mengharuskan peserta didik mengikuti aturan yang berlaku didalam belajar. Namun yang terjadi di SMP Negeri 21 Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas VIII yang tidak mematuhi peraturan Seperti: mencontek, datang terlambat, mengobrol saat jam pelajaran dikelas, membolos, memngganggu teman saat belajar, dan tidak mengerjakan tugas. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan disiplin belajar dengan menggunakan layanan konseling kelompok teknik Rational Emotive Behavior Therapy. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therapy dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksperimen > z control (2,805 > 2,803), hal ini menunjukkan bahwa ditolak dan diterima. Selain itu didapat nilai rata-rata posttest kelas pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (100,6> 71). Selain itu juga dilihat dari tingkat presentase pada kategori tinggi yaitu kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (10% > 0 %). Jika dilihat dari hasil yang telah didapat maka peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa teknik Rational Emotive Behavior Therapy dapat meningkatkan Kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 21 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Rational Emotive Behavior Therap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2018 01:53
Last Modified: 09 Nov 2018 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4858

Actions (login required)

View Item View Item