SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-FALAH GUNUNG KASIH KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS)

Hidayatulloh, Sukron (2018) SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL SANTRI (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AL-FALAH GUNUNG KASIH KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SUKRON HIDAYATULLOH.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pandangan progresif pembangunan bangsa Indonesia di era-globalisasi diarahkan pada perwujudan manusia yang berkualitas, dan itu menjadi salah satu tanggung jawab pendidikan terutama dalam mempersiapkan peserta didik menjadi subyek yang makin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri dan profesional pada bidangnya masing-masing. Idealnya orang yang mengenyam pendidikan baik sekolah formal maupun non formal setidaknya mempunyai keterampilan tentang kehidupan yang dihadapinya terutama dalam dunia kerja. Nyatanya masih banyak pengangguran dikalangan terdidik baik yang dikeluarkan oleh lembaga pendidikan formal maupun non formal yang masih belum terpakai, serta masih adanya keraguan di dunia kerja tentang output yang dikeluarkan pesantren. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Life Skills Santri (Studi kasus pondok pesantren Al-Falah Gunung Kasih Tanggamus)” Yang menjadi fokus penelitan ini adalah : Bagaimana system pendidikan di Pondok Pesantren Al-Falah dalam meningkatkan life skills santri. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Al-Falah Tanggamus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) Interview/Wawancara; (2) Observasi; dan (3) Studi Dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pondok Pesantren Al-Falah mengelola pendidikannya dengan cara menciptakan model pendidikan modern yang terintegrasi pada sistem pengajaran klasik dan materi kitab-kitab kuning. Tetapi semua sistem pendidikan mulai dari teknik pengajaran, materi pelajaran, sarana dan prasarananya didesain berdasarkan sistem pendidikan modern. Ada beberapa bidang pengelolaan pondok pesantren yang digunakan untuk meningkatkan life skills santri yakni melalui Madrasah Diniyah, Pengajian rutin, organisasi, kurikulum, sarana prasarana dan pembinaan life skills. Saran Untuk Pesantren: hendaknya segera mengintegrasikan programprogram yang dipersiapkan pesantren meningkatkan life skills santri. Untuk Santri: hendaknya mengikuti semua program yang telah disadiakan oleh Pondok Pesantren Al-Falah dan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh pondok pesantren dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2018 07:56
Last Modified: 08 Nov 2018 07:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4856

Actions (login required)

View Item View Item