PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Wulandari, Dwi Erni (2018) PENDIDIKAN HOLISTIK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai salah satu kebutuhan dasar dalam hidup, memiliki peranan penting dalam membentuk sikap dan perilaku seseorang. Pendidikan holistik merupakan suatu filsafat pendidikan yang berangkat dari pemikiran bahwa pada dasarnya seorang individu dapat menemukan identitas, makna, dan tujuan hidup melalui hubungannya dengan masyarakat, lingkungan alam, dan nilai-nilai spiritual. Melalui pendidikan holistik, peserta didik diharapkan dapat menjadi dirinya sendiri. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah pengertian pendidikan holistik, falsafah pendidikan holistik, tujuan pendidikan holistik, metode pendidikan holistik, dan kurikulum pendidikan holistik, terhadap pendidikan di Negara Indonesia. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana tentang pengertian, falsafah, tujuan, metode, dan kurikulum pendidikan holistk dalam perspektif pendidikan Islam. Sumber data primer, (1) Jejen Musfah, Pendidikan Holistik (Pendekatan Lintas Perspektif). (2) Amie Primarni, Pendidikan Holistik (Format Baru Pendidikan Islam Membentuk Karakter Paripurna). (3) Nanik Rubiyanto, Dany Haryanto. Strategi Pembelajaran Holistik di Sekolah. Adapun sumber data sekunder adalah buku-buku yang mendukung tentang materi pendidikan holistik lainnya. Metode penelitiannya adalah penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deskriptif dan metode analisisnya adalah analisis isi (content analysis). Berdasarkan penelitian/telaah pustaka yang telah dilakukan, Pendidikan holistik dapat di artikan sebagai pendidikan yang mampu menjawab masalah-masalah pendidikan yang dihadapi dalam dunia pendidikan saat ini dikarena pendidikan holistik adalah pendidikan yang membentuk sesuatu dengan cara yang utuh sehingga sesuatu itu menjadi kesatuan yang sangat besar daripada suatu gabungan-gabungan yang ada lainnya. Dapat disimpulkan bahwa, (1) Pendidikan holistik adalah pendidikan yang mengembangkan segala potensial peserta didik atau elemen yang ada yaitu elemen intelektual, fisik, emosi, dan spiritual, (2) Falsafah pendidikan holistik dikarenakan terjadinya perkembangan yang terus menerus ini menghasilkan filsafat baru yang mematahkan sistem dualism paham ini adalah paham holistik, Sehingga lahirlah sistem falsafah yang menyeluruh atau utuh, (3) Tujuan pendidikan holistik adalah untuk menjadikan setiap individu peserta didik menjadi lebih baik lagi. Berkembang secara seimbang secara jasmani dan rohani yang utuh atau menyeluruh, (4) Melalui metode pendidikan yang holistik atau menyeluruh diharapkan dapat menempatkan siswa dalam posisi sentral, siswa sebagai peserta didik yang aktif, terutama dalam keterampilan berfikir, (5) Kurikulum pendidikan holistik yaitu sebuah kurikulum yang mampu membuat siswa belajar sesuai dengan gambaran yang sesungguhnya, hal ini karena kurikulum terintegrasi mengajarkan antara keterkaitan akan segala sesuatu sehingga terbiasa memandang segala sesuatu dalam gambaran yang utuh tanpa memandang hanya sebagian saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:52
Last Modified: 08 Nov 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item