PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI SELF REGULATION SISWA KELAS X SMAN 12 BANDAR LAMPUNG

Wiasti, Siti Rahayu (2018) PENGARUH PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT,TECHNOLOGY, SOCIETY) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNISI DITINJAU DARI SELF REGULATION SISWA KELAS X SMAN 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Rendahnya kemampuan metakognisi peserta didik karena dalam proses pembelajaran belum mengembangkan kemampuan metakognisi peserta didik. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk engetahui (1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan metakognisi peserta didik antara kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran SETS ( Science, Environment, Tecnology, Society) dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional, (2) Apakah terdapat perbedaan kemampuan metakognisi dengan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada peserta didik yang memiliki self regulation tinggi, sedang, rendah, (3) Apakah terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) dengan self regulation terhadap kemampuan metakognisi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain factorial 2 x 3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 12 Bandar Lampung.sampel yang dgunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 untuk kelas eksperimen dan X IPA 2 untuk kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket, dan dokumentasi.pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikan 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 11,112 > Ftabel = 3.998, sehingga H0A ditolak, Fb = 19.931 > Ftabel = 3.148, sehingga H0B ditolak, FAB = 4.412> Ftabel= 3.148 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan kemampuan metakognisi peserta didik antara kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran SETS ( Science, Environment, Tecnology, Society) dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional, (2) Terdapat perbedaan kemampuan metakognisi dengan menggunakan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) pada peserta didik yang memiliki self regulation tinggi, sedang, rendah, (3) Terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) dengan self regulation terhadap kemampuan metakognisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:33
Last Modified: 07 Nov 2018 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4836

Actions (login required)

View Item View Item