Pratiwi, Fidia Fitri Ade (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK DI SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perilaku bullying merupakan tindakan yang mengandung unsur kekerasan yang dilakukan berulang-ulang oleh seorang/sekelompok. Minimnya informasi bullying yang diberikan sekolah terhadap peserta didik, membuat kurang pemahaman peserta didik terhadap bullying yang merupakan hal biasa yan dilakukan peserta didik disekolah dalam berprilaku dan berbicara. Layanan informasi membutuhkan terobosan baru yang lebih kreatif untuk mereduksi perilaku bullying, yaitu layanan informasi menggunakan media animasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan informasi menggunakan media animasi efektif dalam mereduksi perilaku bullying peserta didik SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi dalam mereduksi perilaku bullying peserta didik SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Ekpsperiment dengan desain pre post control grup desain. Sampel dalam penelitian berjumlah 60 peserta didik sampel dipilih menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku bullying, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Instrumen penelitian menggunakan model Skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan t-test dengan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < ttabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh 0,00 < 0,05 menunjukan bahwa adanya efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi dalam mereduksi peilaku bullying SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Diketahui bahwa penurunan perilaku bullying diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 87,2 lebih besar dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata skor 68,2. Dengan besar effect 0,756 termsu dalam kataristik besar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi menggunakan media animasi efektiv dapat mereduksi perilaku bullying peserta didik SMP PGRI 6 Bandar Lampung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 03:18 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 03:18 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4834 |
Actions (login required)
View Item |