EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KECAKAPAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 04 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

HUDA, ARIF NURUL (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS KECAKAPAN HIDUP UNTUK MENINGKATKAN ENTREPRENEURSHIP PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 04 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ARIF NURUL HUDA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Layanan bimbingan karir berbasis kecakapan hidup merupakan suatu layanan yang memiliki ruang lingkup layanan karir untuk life skill kepada peserta didik serta dapat menentukan arah suatu tujuan karir, sehingga menjadi jelas dan tidak salah dalam mengambil keputusan. Bimbingan karir berbasis kecakapan hidup dapat digunakan sebagai media layanan bimbingan konseling akan berdampak postif terhadap individu yang mengalami masalah dalam proses pertumbuhan dilingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas layanan bimbingan karir berbasis kecakapan hidup untuk meningkatkan entrepreneurship pada peserta didik SMK PGRI 04 Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengkaji jurnal-jurnal dan buku-buku teks yang berkaitan dengan bidang yang diteliti. Langkah-langkah untuk mengetahui pemahaman karakter entrepreneurship peserta didik tersebut antara lain : (1) Observasi (2) Pengumpulan data (3) Analisis data menggunakan rumus Independent Sample T Test (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution)versi 17 (4) dan dengan Effect Size untuk melihat keefektifannya layanan bimbingan karir berbasis kecakapan hidup. Hasil Analisis data menggunakan rumus Independent Smaple T Test (t-test) dengan menggunakan bantuan SPSS (Statistical Product and Service Solution)versi 21 menunjukan bahwa adanya Efektif layanan bimbingan karir berbasis kecakapan hidup untuk meningkatkan entrepreneurship peserta didik kelas XI SMK PGRI 04 Bandar Lampung. Peningkatan diperoleh data rata-rata kelas kontrol dan eksperimen. Data kelas kontrol menunjukkan rata-rata 99.6000 lebih kecil dibanding kelas eksperimen dengan rata-rata 109.8000 dengan perbedaan sebesar 23.68655 dan mengalami kenaikan kearah positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Nov 2018 03:16
Last Modified: 07 Nov 2018 03:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item