PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASI, ULANGI, DAN RAYAKAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP

Astuti, Titin Puji (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR (TUMBUHKAN, ALAMI, NAMAI, DEMONSTRASI, ULANGI, DAN RAYAKAN) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TITIN PUJI ASTUTI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep dan penalaran matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Sebab, dengan pemahaman konsep dan penalaran matematis yang baik, peserta didik dapat menyelesaikan persoalan matematika dengan mudah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik secara simulan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Natar dengan teknik pengambilan sampel ini yaitu teknik acak kelas dengan cara undian. Dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji manova. Pengujian hipotesis menggunakan analisis manova dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil uji manova pada hipotesis pertama diperoleh nilai sig = 0.03 < 0.05 sehingga H0A ditolak, pada hipotesis kedua diperoleh nilai sig = 0.00 < 0.05 sehingga H0B ditolak, pada hipotesis ketiga diperoleh nilai sig = 0.03 < 0.05 sehingga H0C ditolak . Berdasarkan uji manova diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. (2) terdapat pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis peserta didik. (3) model pembelajaran TANDUR dapat berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis peserta didik secara simultan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:24
Last Modified: 06 Nov 2018 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4829

Actions (login required)

View Item View Item