PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KELAS II A BANDAR LAMPUNG

KHOIRUNISA, K (2018) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN WANITA KELAS II A BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan factor penting bagi terbentuknya moral manusia. Banyak Lembaga Permasyarakatan atau Rumah Tahanan yang menggunakan Pendidikan agama Islam sebagai bahan ajar. Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung merupakan Lembaga Pemsyarakatan yang memperhatikan pendidikan untuk para narapidana, dan Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung menggunakan Pendidikan Agama Islam sebagai bahan pelajaran. Tujuan peneliti ini di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung agar narapidana lebih mengenal ajaran Islam dan menyadari kesalahan yang telah diperbuat serta tidak mengulanginya kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil setting tempat penelitian di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2018. Subyek dalam penelitian ini adalah Ustadzah yang mengajar dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam. Sedangkan informan dalam penelitian ini adalah narapidana dan petugas Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian menggunakan analisis interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Bandar Lampung di laksanakan dengan berbagai bentuk kegiatan secara terjadwal diantaranya: 1) Pelaksanaan kegiatanTPA, tausyiah sebelum dzuhur, pesantren kilat, pembinaan shalat untuk narapidana baru, pelaksanaan hari raya Islam dan penyembelihan hewan kurban. Tujuan dari kegiatan ini agar narapidana lebih mengenal pendidikan agama Islam sehingga mereka menyadari bahwa tindakan yang mereka lakukan tidak benar dan tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat. 2) Materi yang diberikan dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam adalah akidah, syari’ah dan akhlak. Metode yang digunakan diantaranya: metode keteladanan, metode Tanya jawab, metode ceramah, metode kisah, metode sorogan, metode nasihat dan metode drill atau latihan. Semua metode diterapkan sesuai kondisi. 3) untuk evaluasi, para ustadzah tidak melakukan evaluasi dengan alasan ketiadaan sarana dan prasarana yang menunjang serta waktu yang kurang memadai. 4) dan, Dampak bagi narapidana adalah mereka menunjukan sifat Berakhlakul Karimah, Disiplin dan tanggung jawab dan penuh pengabdian, Memiliki jiwa solidaritas dan toleransi, Percaya diri dan menghargai orang lain, Tawadhu , Menjalin komunikasi dengan baik dengan sesama warga binaan maupun petugas dan Pembina Agama. Dan manfaat Bagi Lembaga Pemasyarakatan, dapat dijadikan masukan untuk lebih meningkatkan keilmuan dan keterampilan dalam menangani keberagamaan di lapas serta bagi Pembina sebagai bahan acuan untuk meningkatkan motivasi belajar untuk Narapidana dalam Pendidikan Agama Islam. KataKunci:PendidikanIslam, Narapidana, LembagaPemasyarakatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:06
Last Modified: 06 Nov 2018 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4820

Actions (login required)

View Item View Item