EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II MELALUI TOERI WICKELGREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Aryanita, Sinta (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN SiMaYang TIPE II MELALUI TOERI WICKELGREN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah salah satu bagian terpenting dalam matematika dan terdapat dalam tujuan pembelajaran matematika. Namun, beberapa penelitian yang telah ada menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik diduga disebabkan karena proses pembelajaran kurang memberikan kebermaknaan dalam pembelajaran. Sehingga peserta didik masih kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Penerapan pembelajaran SiMaYang Tipe II melalui teori Wickelgren diharapkan mampu memperbaiki permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran SiMaYang Tipe II melalui Teori Wickelgren dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Populasi kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA satu jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan 0,05 dari hasil data diperoleh perhitungan menunjukkan yaitu 19,5997 > 3,098 sehingga dalam perhitungan Ho ditolak. Nilai N-gain kelas eksperimen 1 tergolong sedang dengan rata-rata yaitu 0,66, kelas eksperimen 2 tergolong sedang dengan N-gain yaitu 0,44 dan kelas konvensional tergolong sedang dengan rata-rata N-gain yaitu 0,40. Hal ini berarti penerapan pembelajaran SiMaYang tipe II melalui teori Wickelgren lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran SiMaYang Tipe II, Teori Wicklegren, Pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:45
Last Modified: 02 Nov 2018 01:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4796

Actions (login required)

View Item View Item