PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDIVISIONS ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN PAI SMP N 10 BANDAR LAMPUNG

Kurniawan, Dimas (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTDIVISIONS ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII C PADA MATA PELAJARAN PAI SMP N 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DIMAS KURNIAWAN.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini disebabkan dalam proses belajar mengajar kemampuan siswa yang kurang memahami materi dan guru masih kurang aktif dalam menggunakan model-model pembelajaran. Salah satu alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan Agama Islam adalah model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) dikelas VIII/C dengan standar kompetensi menghindari perilaku tercela. Dengan subyek penelitian kelas VIII/C SMP N 10 Bandar Lampung yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Tahap pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, dan lembar tugas kelompok. Pelaksanaan Penelitian ini sudah berjalan dengan baik sesuai dengan langkahlangkah pembelajaran STAD, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Pada siklus pertama yakni 30%. Kemudian pada siklus kedua mulai mengalami peningkatan mencapai 50%. Dan terakhir pada siklus ketiga mencapai target peneliti yakni 80%. Dengan pencapaian target yang peneliti tentukan yaitu 80% hal ini membuktikan bahwa siswa dapat termotivasi dengan model STAD ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran (STAD) dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:25
Last Modified: 01 Nov 2018 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item