LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Angraini, Epi (2018) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying yang ada pada peserta didik, dilingkungan sekolah banyak terdapat peserta didik yang melakukan perilaku bullying seperti di SMP Muhammadiyah 5 Bandar Lampung. Dimana sering terjadi permasalahan peserta didik seperti menyebarkan gosip yang negatif, melakukan pemalakan, memukul teman. Sehingga butuh penanganan untuk memecahkan masalah peserta didik. Adapun rumusan masalah ini adalah : Apakah layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif behavior therapy teknik role playing dapat mengurangi prilaku bullying pada peserta didik Kelas VIII di SMP Muhamadiyah 5 Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi eksperimen, dalam penelitian ini memiliki 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok kontrol tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil yang ditunjukan adanya penurunan perilaku bullying pada peserta didik kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Bandar Lampung pada kelompok eksperimen setelah mengikuti konseling kelompok dengan teknik role playing dengan koofisien Asymp. Sig (2-tailed) 0.009 < 0.01, dan terdapat penurunan mean rank sebesar 5.00, dari mean rank pre test sebesar 8.00 dan mean rank post test sebesar 3.00. perubahan tersebut dikarenakan perlakuan konseling kelompok yang telah diikuti kelompok eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan konseling kelompok degan teknik role playing dapat mengurangi perilaku bullying. Kata kunci : teknik role playing, perilaku bullying

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:12
Last Modified: 01 Nov 2018 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item