PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP. MA’ARIF 8 SENDANG AGUNG KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2017

WIHARTANTI, SRI (2018) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP. MA’ARIF 8 SENDANG AGUNG KECAMATAN SENDANG AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN 2017. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SRI W.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sri Wihartanti NPM.1686108070 Judul Tesis “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP. Ma’arif 8 Sendang Agung Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2017.” Tesis Program Pascasarjana (Pps) Unversitas Islam Negeri Bandar Lampung. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Achmad Asrori, MA. Pembimbing II Bapak Dr. Sunarto, M.Pd.I. Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan selama periode tertentu, untuk mengetahui prestasi belajar siswa guru perlu mengadakan evaluasi atas kemampuan siswa saat memahami materi yang telah disampaikan melalui hasil evaluasi tersebut, maka dapat dilihat prestasi belajar yang diperoleh siswa, prestasi belajar juga dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya adalah kompetensi profesional guru dan pendidikan agama dalam keluarga. Perumusan masalah penelitian ini adalah: Adakah Kompetensi Profesional Guru PAI dan Pendidikan Agama Dalam Keluarga secara simultan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar siswa ? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 58 responden, menggunakan teknik Stratified Random Sample Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data tentang Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (X1), Pendidikan Agama Dalam Keluarga (X2) dan Prestasi Belajar Siswa (Y) Teknis analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi serderhana dan berganda yang menggunakan program Microsoft Office Excel 2007 Dari hasil perhitungan kuisioner telah dapat menjawab hipotesa secara simultan terdapat pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 58,7% yang berarti Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (X1) dan Pendidikan Agama Dalam Keluarga (X2) secara bersama – sama memberikan pengaruh sebesar 58,7% terhadap prestasi belajar siswa. Kata kunci : Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Agama Dalam Keluarga, Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:51
Last Modified: 30 Oct 2018 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item