PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 2 MARGOYOSO KECAMATAN SUMBER REJO KABUPATEN TANGGAMUS

RUDAIMAH, R (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SD NEGERI 2 MARGOYOSO KECAMATAN SUMBER REJO KABUPATEN TANGGAMUS. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RUDAIMAH.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan kedisiplinan dan kompetensi pedagogik guru mempunyai peranan yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), kehadiran guru pada jam pelajaran dengan tepat waktumerupakan suatu hal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar ditambah dengan seorang guru yang mempunyai kompetensi pedagogik yang baik. Untuk itu penulis mencoba mengkaji fenomena yang terjadi di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus, yang mana kedisiplinan dan kompetensi pedagogik guru sudah baik akan tetapi prestasi belajar PAI siswa masih rendah. Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk meneliti lebih lanjut. Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah Kedisiplinan secara parsial berpengaruh terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa? (2) Adakah Kompetensi Pedagogik Guru secara parsial berpengaruh terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa? (3) Adakah Kedisiplinan dan Kompetensi Pedagogik Guru secara simultan berpengaruh terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa ? Adapun tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru terhadap Prestasi Belajar siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus; (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap Prestasi Belajar siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus; (3) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan guru dan kompetensi pedagogik terhadap Prestasi Belajar PAI siswa di SD Negeri 2 Margoyoso Kecamatan Sumber Rejo Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 44 responden, menggunakan teknik Stratified Random Sample Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data tentang Kedisiplinan (X1), Kompetensi Pedagogik Guru (X2) dan Prestasi Belajar PAI Siswa (Y) Teknis analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi serderhana dan berganda yang menggunakan program Microsoft Office Excel 2007 Dari hasil perhitungan kuisioner telah dapat menjawab hipotesa sebagai berikut :Secara parsial terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar38,2% yang berarti Kedisiplinan (X1) memberikan pengaruh sebesar 38,2% terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa dan secara parsial terdapat pengaruh X2 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 51,6% yang berarti Kompetensi Pedagogik Guru (X2) memberikan pengaruh sebesar 51,6% terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa dan Secara simultan terdapat pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 55,2% yang berarti Kedisiplinan (X1) dan Kompetensi Pedagogik Guru (X2) secara bersama – sama memberikan pengaruh sebesar 55,2% terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa. Kata Kunci : Kedisiplinan,Kompetensi Pedagogik Guru, Prestasi Belajar PAI Siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:45
Last Modified: 30 Oct 2018 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item