PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT INSAN ROBBANI LAMPUNG UTARA

EMIRITA, E (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK DAN KEDISIPLINAN SISWA DI SDIT INSAN ROBBANI LAMPUNG UTARA. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of EMIRITA.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang penting dalam pembentukan sikap dan kepribadian siswa, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Pendidikan Agama Islam menekankan kepada pembentukan kepribadian siswa yang islami, menanamkan pemahaman dan membimbing siswa agar memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, berakhlakul karimah, serta bermanfaat bagi sesama. Secara umum, jika pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam tinggi, maka akhlak, sikap dan perilakunya dapat dikategorikan baik, begitu pun sebaliknya. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah “Pendidikan Agama Islam yang diterapkan di SDIT Insan Robbani Lampng Utara dan pengaruhnya terhadap pembentukan akhlak dan kedisiplinan siswa, serta seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dugaan penulis bahwa masih adanya siswa SDIT Insan Rooabni Lampung Utara yang akhlak dan kedisiplianannya kurang dalam mengikuti pembelajaran PAI di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisipilinan siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara dan Mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak dan kedisipilinan siswa di di SDIT Insan Robbani Lampung Utara. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi lembaga sekolah dalam mengupayakan dan membina akhlak serta kedisiplinan siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam ( X ), pembentukan akhlak ( Y1) dan kedisiplinan siswa ( Y2 ). Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi 870 siswa dan sampel 31 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan angket, sedangkan metode analisis data menggunakan rumus product moment, yang kemudian dilakukan uji t dan uji determinasi untuk menguji kebenaran hipotesis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah berdasarkan hasil angket yang disebar kepada 31 orang diperoleh hasil bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh terhadap pembentukan akhlak siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara. Hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel atau 0,426 > 0,355. Dan juga menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam mempunyai pengaruh terhadap Kedisiplinan siswa di SDIT Insan Robbani Lampung Utara, yang dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel atau 0,498 > 0,355. Kemudian dilakukan uji determinasi dan diperoleh hasil besarnya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap pembentukan akhlak siswa sebesar 18,1 % dan bersarnya pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Siswa sebesar 24,8 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalm penelitian ini. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Akhlak, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:37
Last Modified: 30 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4767

Actions (login required)

View Item View Item