IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

LATIFAH, UMI (2018) IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SD KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tesis umi latifah.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi Standar Proses dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SD Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung seatann Tahun 2017. Tesis, Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Pembimbing (1)Prof. Dr. H. Sulthan Syahril M.A(2). Dr.Zulhanan,M.A Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi konsep standar proses pendidikan agama Islam oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SDN kecamatan Ketapang. Fokus pada penelitian ini adalah menjawab pertanyaan tentang: (1) Bagaimana Guru Agama Islam menyiapkan dokumen perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP), (2) Bagaimana Guru Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam, (3) Bagaimana kendala implementasi standar proses pendidikan mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif.Rancangan yang digunakan adalah studi kasus dengan setting penelitian dilakukan pada lima sekolah di kecamatan Ketapang kabupaten lampung selatan. Dengan informan kunci yaitu Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah, kemudian informan lain adalah kepala sekolah, dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data peneliti memperoleh temuan sebagai berikut: (1) Guru Pendidikan Agama Islam memiliki dokumen Perencanaan pembelajaran berupa silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh pengurus Kelompok Kerja Guru Agama Islam (KKGPAI) tingkat kabupaten Semarang. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam tidak sepenuhnya berstandar. Mulai dari jumlah peserta didik, buku pembelajaran belum sepenuhnya berdasarkan aturan yang ada.Guru Agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran sebagian telah melakukan kegiatan pembukaan, inti, dan penutup.Penerapan berbagai pendekatan atau metode pembelajaran sebagian belum beragam.Selain itu dalam interaksi antar peserta didik dengan guru juga masih ada yang belum maksimal. (3) Kendala yang yang ada jumlah peserta didik usia sekolah dasar di beberapa sekolah belum standar disebabkan jumlah anak usia sekolah dasar memang sedikit. Buku pendidikan agama Islam untuk peserta didik di beberapa sekolah belum sepenuhnya tercukupi sesuai dengan jumlah peserta didik, akibat dari kurangnya menejemen inventarisasi buku dan koordinasi antar warga sekolah. Kata kunci: Standar Proses, Guru Pendidikan Agama Islam, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:24
Last Modified: 30 Oct 2018 06:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item