PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PDEODE BERBASIS ASSESMENT FOR LEARNING (AFL) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Lestari, Widya Ayu (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PDEODE BERBASIS ASSESMENT FOR LEARNING (AFL) DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Al-Ma’ruf Margodadi Kabupaten Tanggamus diketahui bahwa proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional, sehingga pada saat pembelajaran peserta didik tidak aktif. Pada saat mengerjakan soal, peserta didik kesulitan dalam menyajikan soal ke dalam model matematika dan memaparkan suatu materi secara berurutan. Peserta didik yang tidak paham dengan materi tidak mempunyai keberanian untuk bertanya dan peserta didik sering menyontek karena tidak percaya diri dengan jawabannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe PDEODE berbasis Assesment For Learning (AFL) ditinjau dari disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Al-Ma’ruf Margodadi Kabupaten Tanggamus tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan, dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh = 17,170 = 4,030 sehingga H0A ditolak, = 5,054 = 3,179 sehingga H0B ditolak, dan = 1,462 < = 3,179 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe PDEODE berbasis Assesment For Learning (AFL) dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (2) terdapat pengaruh antara peserta didik yang memiliki disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci : PDEODE berbasis Assesment For Learning (AFL), Disposisi Matematis, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:06
Last Modified: 30 Oct 2018 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item