PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS ELPSA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 PURBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017/2018 Skripsi

Fadhilah, Ummi (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBASIS ELPSA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 2 PURBOLINGGO TAHUN AJARAN 2017/2018 Skripsi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra survey di SMPN 2 Purbolinggo diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis selama ini adalah kebiasaan pendidik melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah kemudian memberikan soal-soal latihan sehingga menyebabkan peserta didik kesulitan dalam membahasakan ke dalam simbol matematika jika menemukan soal cerita dan juga menyebabkan peserta didik tidak dapat mengungkapkan ide dan gagasan dalam wujud lisan ataupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT berbasis ELPSA terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Desain (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 2 Purbolinggo tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis. Sebagai prasyarat analisis, yaitu uji normalitas menggunakan metode liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi satu jalan sel tak sama dan uji lanjut pasca analisis variansi menggunakan uji Scheffe. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Hasil data diperoleh 3,099 diperoleh 13,231 atau maka ditolak. Berdasarkan uji anava sel tak sama tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran NHT berbasis ELPSA terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Purbolinggo. Kata Kunci: Model Pembelajaran NHT, ELPSA, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 06:29
Last Modified: 29 Oct 2018 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4747

Actions (login required)

View Item View Item