EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI ILMU-ILMU BAHASA (IIB) MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Yulandari, Anita (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS XI ILMU-ILMU BAHASA (IIB) MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ANITA YULANDARI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi antar dua peserta didik atau lebih, untuk berbagi pendapat, bertukar pandangan dengan mengacu pada perubahan dan tindakan yang berlangsung terus menerus dengan harapan adanya kesamaan pemahaman diantara peserta didik tersebut terhadap pesan-pesan yang digunakan dalam proses komunikasi yang terjadi. Bimbingan kelompok adalah suatu cara memberikan bantuan kepada peserta didik melalui kegiatan kelompok. Assertive Training adalah suatu teknik yang digunakan untuk membantu peserta didik menggungkapkan apa yang diinginkan dan dibutuhkannya dengan menyatakan pendapatnya dan tetap menghargai orang lain agar dapat melakukan interaksi dan hubungan interpersonal yang baik dengan orang lain melalui komunikasi interpersonal yang baik teknik ini sangat efektif jika dipakai untuk mengatasi masalah-masalah yang percaya diri, pengungkapan diri, atau ketegasan diri Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai Sig ( 2-tailed) < α yaitu 0,000 < 0,05 Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima,. Selain itu didapat nilai rata-rata posttest kelas pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (1114 > 893 atau 111,40 ≥ 89,30). Jika dilihat dari hasil yang telah didapat maka peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik kelas XI Ilmu-ilmu Bahasa (IIB) MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik assertive training Kata Kunci :Layanan Bimbingan Kelompok, Assertive Training, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 06:23
Last Modified: 29 Oct 2018 06:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4745

Actions (login required)

View Item View Item