IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

NISA, CHOIRUN (2018) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PAI DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CHOIRUN NISA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan pengembangan yang telah ada sebelumnya, kurikulum ini dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan, bakat, atau keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknik yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sehingga dalam penyusunan implementasi kurikulum 2013 PAI harus mempertimbangkan langkah-langkah sebagai berikut: 1) Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI, 2) Langkah-langkah Perencanaan Pelaksanaan, Evaluasi kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI. Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai kegiatan menghasilkan kurikulum pendidikan agama islam. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif/deskriptif kualiatatif, menggambarkan suatu gejala atau keadaan yang diteliti secara apa adanya serta diarahkan untuk memaparkan fakta-fakta, kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat seperti Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Kurikulum 2013. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini yaitu: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru PAI sedangkan yang menjadi data sekunder antara lain yaitu: dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI agar dapat memperoleh hasil yang optimal maka guru harus bisa menjadi motivator peserta didik dengan baik dan bisa membawa dan mengarahkan potensi peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. diperoleh bahwa secara umum sudah berjalan dengan dengan baik mulai dari tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Sedangkan faktor peng hambat dalam implementasi kurikulum 2013 adalah (1) Banyak guru baru yang belum melaksanakan worshop dan terkait metode pendekatan saintifik, penilaian dan teknik mengajar. (2) Lcd dan Proyektor pada setiap kelas masih belum lengkap, (3) Buku paket masih sangat terbatas. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:40
Last Modified: 29 Oct 2018 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4741

Actions (login required)

View Item View Item