PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG

ISTRADA, IRVAN ERIK (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE(TTW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEPUTIH AGUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini cenderung berpusat pada guru, dimana guru mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran siswa dan siswa menerimanya dengan pasif. Hal ini juga terjadi di SMP N 1 Seputih Agung Lampung Tengah, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sehingga hasil belajar mereka rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurang diberi kesempatan untuk berpikir dan mengungkapkan ide-ide serta menulis dengan bahasa yang benar. Peneliti mencoba menerapan model pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dan mengefektifkan proses pembelajaran. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 1 Seputih Agung Lampung Tengah yang terdiri dari 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa. Soal tes untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas guru pada siklus I yaitu 72 %, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80 %. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 72,5 %, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 90%. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 65.51%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,20%. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) mengalami peningkatan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkaan sebesar 48,27 %. Kata Kunci: Penerapan, Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:34
Last Modified: 29 Oct 2018 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item