ANALISIS KEMAMPUAN PENALA RAN MATEMATIS PADA KONSEP PERSAMAAN DIFERENSIAL BERNAULLI (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung)

Khasanah, Nur (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PENALA RAN MATEMATIS PADA KONSEP PERSAMAAN DIFERENSIAL BERNAULLI (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemampuan dalam menggunakan penalaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan mahasiswa. Hal tersebut terbukti dari salah satu pembelajaran yang ada di perguruan tinggi yaitu pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya nilai matematika mahasiswa ialah kemampuan penalaran matematis dalam mempelajari matematika. Berdasarkan pra penelitian, diketahui bahwa sebagian mahasiswa masih rendah dalam kemampuan penalaran matematis pada mata kuliah persamaan diferensial. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis pada konsep persamaan diferensial bernaulli Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis pada konsep persamaan diferensial bernaulli. Jenis penelitian ini adalah penelitian noneksperimen. Subyek penelitian ini sebanyak 6 orang mahasiswa. Setiap 2 mahasiswa mewakili masing-masing kriteria kelompok tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman, meliputi tiga kegiatan yang dilakukan secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan penalaran matematis dapat diketahui dari soal tes berupa soal uraian yang dipadukan dengan hasil wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam kriteria kelompok tinggi hanya mencapai 11%, pada kriteria kelompok sedang hanya mencapai 25%, sedangkan pada kriteria kelompok rendah mencapai 64%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis mahasiswa pada konsep persamaan diferensial bernaulli masih tergolong kurang baik. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis; Persamaan Diferensial Bernaulli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:24
Last Modified: 29 Oct 2018 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item