PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) BARANG BEKAS DI TK SRIWIJAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG

DEWI, RUSMALA (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) BARANG BEKAS DI TK SRIWIJAYA SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Barang bekas merupakan barang yang tidak berguna atau tidak di pakai lagi,kemudian diolah kembali agar menghasilkan karya dan merupakan salah satu media karena dapat digunakan untuk menyampaikan isi ataupun informasi yang hendak disampaikan kepada anak didik guna mengembangkan kreativitasnya.Padahal jika di manfaatkan secara optimal dan cermat dapat dijadikan alat permainan edukatif yang sangat menarik bagi anakTK/RA untuk mengembangkan kreativitasnya. Alat permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak ditaman kanak-kanak sehingga anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya. Mengembangkan kreativitas anak dengan APE barang bekas berupa kardus dan koran bekas dapat menjadi salah satu media untuk mengembangkan kreativitas anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu :“bagaimana peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui alat permainan edukatif barang bekas di TK Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung ?”. Merujuk pada Pemendikbud 137 Tahun 2014 dan pendapat Utami munandar,maka penialian kreativitas anak TK/RA yang dimaksud adalah kelancaran meniru bentuk sesuai pola,menggunting dengan berbagai media berdasarkan bentuk,kelancaran dalam menempel sesuai pola yang di gunting. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif yang melibatkan guru dan anak di kelas B1, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen analisis, Data di analisis secara Kualitatif dengan menggunakan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kreativitas melalui alat permainan edukatif barang bekas sebagai berikut: 1).Menetapkan tema yang dipilih dalam kegiatan alat permainan edukatif barang bekas, 2). Menetapkan rancangan bahan dan alat yang diperlukan dalam kegiatan alat permainan edukatif barang bekas, 3). Menetapkan rancangan pengelompokkan dalam kegiatan, 4). Menetapkan rancangan langkahlangkah kegiatan, 5). Menetapkan rancangan penilaian kegiatan pengajaran dengan alat permainan edukatif barang bekas. Kelima langkah ini telah diterapkan oleh guru di Taman Kanak-kanak Sriwijaya Sukarame Bandar Lampung dan dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan kreativitas anak dalam kegiatan belajar di dalam kelas dan sangat cocok untuk menstimulasi potensi kreativitas. Kata Kunci :Mengembangkan Kreativitas,APE Barang Beka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:33
Last Modified: 29 Oct 2018 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item