PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INFORMAL TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 19 BANDAR LAMPUNG

INDRIANI, SILVI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INFORMAL TIPE FORMULATE SHARE LISTEN CREATE (FSLC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK SMPN 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya berpikir kreatif matematis peserta didik dapat disebabkan oleh kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik dapat berkembang lebih baik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Pembelajaran kooperatif informal tipe FSLC merupakan pembelajaran yang diberikan kepada kelompok-kelompok kecil dengan tahapan pembelajaran berupa merumuskan ide, saling berbagi jawaban, saling mendengarkan dan mencatat dan menuliskan jawaban berdasarkan hasil penyatuan ide. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif informal tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan acak kelas sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Uji prasyarat analisis dilakukan dengn metode Liliefors untuk uji normalitas, uji Bartlett untuk uji homogenitas dan N-Gain. Berdasarkan hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji Bartlett dan N-Gain, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal homogen dan terdapat peningkatan pada N-Gain. Sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh = pada Pretest, = pada Posttest, dan = pada N-Gian, sedangkan . Oleh karena maka H0 ditolak H1 diterima, artinya ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang menggunakan model kooperatif informal tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) dan model pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model kooperatif informal tipe Formulate Share Listen Create (FSLC) dapat meningkatkan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Informal Tipe Formulate Share Listen Create (FSLC), Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:28
Last Modified: 29 Oct 2018 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item