Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI di MA Hasanuddin di Teluk Betung Bandar Lampung

Siregar, Siti Azhari (2018) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Leraning untuk meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI di MA Hasanuddin di Teluk Betung Bandar Lampung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SITI AZHARI SIREGAR.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Masalah yang terlihat berdasarkan latar belakang bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan indikasi pembelajaran yang dilakukan belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran yang dirasa belum tepat, maka penulis dalam penelitian mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah melalui model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MA Hasanuddin Teluk Betung. “Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran Problem Based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MA Hasanuddin Teluk Betung. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dimana objek peneliti hanya berpusat pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based learning, adapun dalam metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dimana penulis menggambarkan gejala-gejala yang terjadi pada objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : dengan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based learning pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas XI MA Hasanuddin dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa dari siklus I nilai rata-rata post tes hasil beajar siswa yang mencapai ketuntasan baru mencapai 77,3 % sedangkan hasil belajar siswa yang tidak tuntas mencapai 22,7. Pada siklus II siswa yang mencapai ketuntasan 95,45% sedangkan hasil siswa yang belum tuntas 4,54% . peneliti sudah melihat adanya peningkatan pada siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Problem Based lea

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:03
Last Modified: 29 Oct 2018 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4731

Actions (login required)

View Item View Item