Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Taman Siswa Teluk Betung

Jufpriyadi, J (2018) Implementsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Taman Siswa Teluk Betung. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan utama dalam kehidupan seseorang adalah pendidikan. Pendidikan merupakan fakor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, pendidikan perlu mendapatkan perhatian lebih oleh pemerintah maupun masyarakat. Sehingga tujuan pendidikan pun dapat tercapai yaitu mengembanggkan kemampuan peserta didik. Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuhkembangkan poensi sumber daya manusia dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Taman Siswa Teluk Betung. Student Facilitator and Explaining merupakan suatu tipe dimana siswa mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMP Taman Siswa Teluk Betung, dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran PAI dengan nilai ≥ 75 mencapai 80 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII D di SMP Taman Siswa Teluk Betung. Jumlah siswa yang tuntas belajar di siklus I sebanyak 21 orang atau setara dengan 73%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas jelajar sebanyak 31 siswa atau setara dengan 87%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis penelitian diterima. Kata Kunci :Model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:45
Last Modified: 25 Oct 2018 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4727

Actions (login required)

View Item View Item