ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYER-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI)

Melya, Lekok (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN MYER-BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah, hal ini dikarenakan kurangnya diberikan latihan soal dalam pembelajaran, oleh karena itu dalam penelitian ini akan diambil data mengenai kemampuan komunikasi matematis peserta didik, dilihat berdasarkan dari tipe kepribadian Myer-Briggs Type Indicator (MBTI). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berjalan dan menyuguhkan apa adanya. Subjek penelitian yaitu empat peserta didik dari kelas X.1 dan X.2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada semester ganjil 2018/2019. Pengambilan subjek menggunakan tekhnik purposive random sampling. Teknik analisis data meliputi: Data deskripsi hasil tes tertulis dan wawancara, dianalisis dari hasil tes tertulis dan wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil tes dan wawancara dianalisis mengacu pada kriteria kemampuan komunikasi matematis yakni: kemampuan menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal, kemampuan menuliskan jawaban sesuai dengan maksud soal, kemampuan menuliskan alasan-alasan dalam menjawab soal, kemampuan membuat istilah-istilah dan simbol-simbol matematika, kemampuan membuat gambar yang relevan dengan soal, kemampuan membuat simpulan dengan bahasa sendiri. Hasil penelitian menunjukkan: subjek dengan tipe kepribadian Guardian hanya mampu menguasai lima kriteria kemampuan komunikasi matematis namun tidak mampu membuat simpulan dengan bahasa sendiri, subjek dengan tipe kepribadian Artisan hanya menguasai lima kriteri kemampuan komunikasi matematis namun tidak mampu membuat gambar yang relevan dengan soal, subjek dengan tipe kepribadian Rational menguasai keenam kriteria namun cenderung kurang teliti, subjek dengan tipe kepribadian Idealist menguasai lima kriteria kemampuan komunikasi matematis namun kurang mampu dalam menuliskan alasan-alasan dalam menjawab soal. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Matematis, Tipe Kepribadian Myer- Briggs Type Indicator (MBTI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:40
Last Modified: 22 Feb 2021 06:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item