PERAN PERUSAHAAN ZOYA TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN BUSANA MUSLIM DI BANDAR LAMPUNG

Safitri, Ayu Wulan (2017) PERAN PERUSAHAAN ZOYA TERHADAP TINGKAT LOYALITAS PELANGGAN BUSANA MUSLIM DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Perusahaan memiliki peran yang sangat penting terhadap daya beli konsumen. Ketika konsumen pertama kali melakukan pembelian kemudian ia merasa puas dengan produk yang dibelinya maka konsumen akan memberikan apresiasi yang baik terhadap produk tersebut sehingga konsumen akan menjadi pelanggan setia (Loyalitas) dan secara tidak langsung akan mengajak orang-orang disekitarnya untuk membeli produk dengan merek yang sama. Selain itu loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan, mempertahanka mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan mereka. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya ketidak percayaan peneliti terhadap merek dalam mempertahankan tingkat pelanggan yang tinggi hanya karena merek yang digunakan dalam suatu produk busana. Sedangkan Pada saat ini banyak merek yang lain dengan kualitas yang bagus dan harga murah serta mengikuti trand fashion saat ini. Permasalahan ini adalah Bagaimana Peran Perusahaan Zoya Terhadap Tingkat Loyalitas Pelanggan Busana Muslim di Bandar Lampung. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah Untuk mengertahui peran prusahaan zoya terhadap tingkat loyalitas pelanggan busana muslim di Bandar Lampung. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif metode pengumpulan data yakni melalui wawancara, dokumentasi, observasi serta analisis data, dengan jumlah populasi 111 dan jumlah sampel 17 orang yakni pimpinan Zoya, karyawan dan pelanggan Zoya. Peneliti ini menghasilkan beberapa temuan hasil analisis melalui interview kepada kepala toko dan pegawai bahwa yang di terapkan oleh Zoya untuk mempertahankan pelanggan yakni dengan cara pengecekan barang sebelum di pajang atau diperjual belikan sehingga ketika pelanggan membeli tidak akan menemui barang yang cacat, selalu memberikan perhatian khusus kepada para pelanggan dengan selalu mengucapkan setiap hari kepada pelanggan yang sedang ulang tahun serta memberikan diskon kepada pelangan, memberikan masukan kepada para pelanggan tentang busana atau hijab mana yang bagus pelanggan gunakan sesuai kebutuhan serta selalu ramah dan memberikan tempat yang aman, nyaman kepada setiap pembeli. Peneliti juga melakukan interview kepada para pelanggan bahwa kwalitas produk, harga, pelayanan, dan kenyamanan sangat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan serta merek yang memiliki nilai dan ciri khas akan mampu menarik perhatian dari pada pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:56
Last Modified: 27 Mar 2017 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item