PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK HADHANAH NAHDHAH SAMPHAN WITAYA BECOH IRONG NARATHIWAT THAILAND

Chemae, Sitihaya (2018) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TK HADHANAH NAHDHAH SAMPHAN WITAYA BECOH IRONG NARATHIWAT THAILAND. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SITIHAYA CHEMAE.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tenaga didikan, panuta atau tokoh yang penting dalam mentransferkan ilmu-ilmu kepada anak didik sehingga dapat mengubah karakter maupun cara berpikir seorang anak menjadi lebih baik dan berguna di masyarakat. Bahasa merupakan sebuah alat yang penting dalam berbicara, memberi informasi bahkan mencari ilmu, manakal ilmu-ilmu keagamaan Islam itu berasal dari al-quran maupun al-hadiht atau sumber-sumber lain, mengguna dengan bahasa arab maka perlulah bahasa arab dikembangkan pada manusia sejak usia dini. Pengembangan bahasa arab meningkatkan kemampuan seorang anak. Oleh karena itu penyelenggaraan pendidikan anak prasekolah telah diatur dalam Undang- Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN) dengan menemukan cara pandang baru tentang pendidikan anak yaitu konsep Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada tahun 2003. Gagasan PAUD pada dasarnya ingin mempertajam kembali konsep pendidikan anak prasekolah sebagai pandangan awal sesuai dengan konteks jaman. Oleh karena itu, berangkat dari anak sebagai pijakan awal untuk mengenalkan pendidikan kepada anak usia din, diharapkan membaca, menghafal dan memahami kosakata bahasa arab di Taman Kanak-kanak Hadhonah Nahdhoh Samphan Witaya Becoh Irong Narathiwat Thailand dapat meningkatkan kecerdasan daya ingatan bahasa arab bagi anak, khususnya pada anak usia dini. sehingga penulis mengangkat judul penelitian: Peran Guru Dalam Mengembangkan Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Hadhanah Nahdhah Samphanwitaya Becoh Irong Narathiwat Thailand. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah guru dan anak didik di TK . Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentsi, untuk menganalisis hasil penelitian penulis melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Hasil penelitian ini dapat penulis tunjukkan kemampuan anak yang sesuai dengan simbol. Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa dalam mengembangkan bahasa arab Pada Anak di TK hadhanah nahdhah samphan witaya becoh irong Narathiwat Thailand, 95% sudah bisa menyebut, memahami dan menghafal kosa kata bahasa arabdengan biak, dengan menggunakan media gambar pada anak usia dini. kata kunci: Peran Guru dan bahasa arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:32
Last Modified: 23 Oct 2018 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4717

Actions (login required)

View Item View Item