KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Mulyani, Fitri Dini (2018) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FITRI DINI MULYANI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan dan prestasi yang dimiliki kepala madrasah dalam memimpin lembaga pendidikannya, berkenaan dengan hal ini peneliti melakukan penelitian terhadap kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Bandar Lampung. Keberhasilan pendidikan suatu sekolah banyak dipengaruhi berbagai faktor antara lain peserta didik, pendidik, kepala sekolah/madrasah, sarana prasarana dan masyarakat. Dalam dunia pendidikan yang menjadi tolak ukur khususnya bagian pengajaran adalah guru. Guru adalah orang dewasa yang secara sadar bertanggung jawab dalam mendidik, mengajar dan membimbing peserta didik. Orang yang disebut guru adalah orang yang memiliki kemampuan merancang program pembelajaran serta mampu menata dan mengelola kelas agar peserta didik dapat belajar dan pada akhirnya dapat mencapai tingkat kedewasaan sebagai tujuan akhir dari proses pendidikan. Guru merupakan suatu profesi, yang berarti suatu jabatan yang memerlukan keahlian khusu sebagai guru dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru sudah hampir mencapai kata sangat baik, walaupun ada sedikit yang tidak balance antara pendapat guru dan kepala sekolah tetapi disamping itu ada kesamaan nya pula. Hal ini terlihat dari cara kepala madrasah dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan. Dalam memecahkan masalah selalu dilaksanakan dengan bermusyawarah, selalu melibatkan bawahan (guru, staf dan siswa) walaupun terkadang ada sedikit konflik, tetapi selalu di musyawarahkan bersama. Kepala madrasah selalu menerima masukan dan kritikan dengan senang. Terlihat komunikasi, yaitu adanya hubungan yang terjalin antara kepala madrasah dan bawahan secara harmonis. Kepala madrasah aktif berpartisipasi dalam kegiatan yang ada di madrasah dan memiliki sikap yang sopan, penyabar, islami dan rasa kekeluargaan yang tinggi. Kata kunci: kepala madrasah, kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:53
Last Modified: 22 Oct 2018 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4712

Actions (login required)

View Item View Item