BIMBINGAN MANASIK HAJI PADA LEMBAGA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL-FATTAH TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS (TELAAH TERHADAP FUNGSI PENGAWASAN)

Rohmansyah, Dede (2017) BIMBINGAN MANASIK HAJI PADA LEMBAGA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL-FATTAH TALANGPADANG KABUPATEN TANGGAMUS (TELAAH TERHADAP FUNGSI PENGAWASAN). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengawasan merupakan salah satu fungsi manajemen yang biasa dikenal dengan istilah Controling yang biasanya digunakan untuk memantau seluruh kegiatan atau seluruh pekerjaan yang dilakukan agar kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan tersebut berjalan secara efektif dan efisien. Sementara bimbingan manasik haji adalah sederetan rencana kegiatan yang direncanakan dan dibuat oleh suatu kelompok, organisasi atau lembaga dalam memberikan bantuan seperti pelatihan, pembelajaran, baik bersifat teori, praktek dan visual, untuk membantu memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam tata cara pelaksanaan ibadah haji atau hal-hal peribadatan yang berkaitan dengan ibadah haji. Bimbingan manasik haji ada yang dilakukan oleh pemerintah dan ada pula yang dilakukan oleh masyarakat termasuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Dalam penelitian ini penulis menentukan objek penelitian di KBIH Al-Fattah yang berlokasi di Jl. Pesantren Permata Utama blok.1 Komplek Al-Fattah Mincang Kec. Talangpadang Kab. Tanggamus. Sebagai sebuah lembaga sosial keagamaan yang tugasnya adalah untuk menyelenggarakan dan melaksanakan bimbingan ibadah haji, maka dalam pelaksanaanya KBIH Al-Fattah perlu melakukan pengawasan terhadap kegiatan bimbingan manasik haji yang dilakukan agar sesuai dengan rencana dan standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah tentang bagaimana penerapan fungsi pengawasan dalam kegiatan bimbingan manasik haji pada KBIH Al-Fattah. Hal ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui apakah pengawasan terhadap kegiatan bimbingan manasik haji yang dilakukan oleh KBIH Al-Fattah sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Lapangan sedangkan sifatnya adalah Deskriptif yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Dan untuk memudahkan penelitian ini, maka penulis menggunakan sampel sebagai obyek penelitian, yang jumlahnya 4 orang dan dianggap mewakili populasi yang jumlahnya 56 orang. Selain itu penulis juga menggunakan informan yang berjumlah 2 orang untuk membantu penulis dalam membandingkan data-data yang penulis peroleh. Alat Pengumpul Data (APD) yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan fungsi pengawasan dalam kegiatan bimbingan manasik haji pada KBIH AL-Fattah sudah cukup baik. Hal ini bisa dilihat dari adanya tahapan-tahapan yang dilakukan dalam proses pengawasan yang meliputi penetapan standar, penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran kegiatan, perbandingan pelaksanaan kegiatan dengan standar serta pengambilan tindakan koreksi yang diperlukan, walaupun didalam penerapannya tersebut belum sepenuhnya berjalan secara optimal. Kata Kunci : Pengawasan Kegiatan Bimbingan Manasik Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:50
Last Modified: 27 Mar 2017 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item