GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF 02 (MTs) KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH

Kaifa, Devita (2018) GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF 02 (MTs) KOTAGAJAH LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah MTs Ma’arif 02 Kotagajah Lampung Tengah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu keputusan dibuat bersama antara bawahan dan pemimpin, menghargai setiap potensiyang dimiliki oleh bawahan, mendengarkan kritik, saran/pendapat dari bawahan, melakukan kerjasama dengan bawahannya. Untuk dapat menilai gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dapat dilihat dari seberapa banyak guru-guru yang kompetensi pedagogiknya terlaksana di MTs Ma’arif 02 Kotagajah Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa metode yaitu, wawancara, observasi, dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu kepala madrasah, dan guru. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan gaya kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam pengambilan keputusan kepala madrasah sudah melakukan dengan cara pengambilan keputusan secara bersama senua pihak terlibat dari guruguru, dan staff, kemudian cara kepala madrasah dalam menghargai setiap potensi yang dimiliki guru yaitu dengan cara mendorong dan mendukung setiap kegiatan yang dibuat oleh guru, dalam mendengarkan kritik, saran/ pendapat kepala madrasah selalu mendengarkan sehingga guru dan staff di MTs Ma’arif 02 Kotagajah Lampung Tengah tidak canggung dalam berbicara dengan kepala madrasah. Kepala madrasah juga melakukan kerjasama baik dengan para guru dan staff melalui kegiatan bersihbersih. Kata kunci : Gaya Kepemimpinan Demokratis, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:28
Last Modified: 22 Oct 2018 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4709

Actions (login required)

View Item View Item