PERAN KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK DI MTS AL-HIDAYAH MARGA AGUNG KEC. JATI AGUNG KAB. LAMPUNG SELATAN

YUDANA, ARDI (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM SUPERVISI AKADEMIK DI MTS AL-HIDAYAH MARGA AGUNG KEC. JATI AGUNG KAB. LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Supervisi Akademik adalah serangkaian usaha kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan peraturan yang berlaku. Peran Kepala Madrasah sebagai supervisor diantaranya yaitu membantu guru dalam merencanakan program Supervisi Akademik ,melaksanakan Supervisi Akademik serta menidaklanjuti Supervisi Akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Peran Kepala Madrasah dalam Supervisi Akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta sifat serta hubungan antara fenomena yang diteliti. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu Kepala Madrasah dan guru untuk menganalisis data yang telah diperoleh dari lapangan tersebut. Penulis menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data(data reducation), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (verification). Penulis dapat mengambil kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu Kepala Madrasah sudah melaksanakan Supervisi Akademik namun belum sepenuhnya terlaksana secara optimal dalam membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh bahwa ada empat peran yang di lakukan oleh Kepala Madrasah yaitu: membimbing guru dalam menyusun silabus tiap mata pelajaran, membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik pembelajaran/ bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan, membimbing guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan, membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan (di kelas, laboratorium). Kata Kunci : Peran, Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:25
Last Modified: 22 Oct 2018 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4708

Actions (login required)

View Item View Item